Armada Adventure

Contoh Tema Acara Outbound Untuk Karyawan Perusahaan

Contoh Tema Acara Outbound Untuk Karyawan Perusahaan agar dapat berkesan dan mendapatkan sebuah hasil acara yang dapat berguna untuk seluruh karyawan ketika dalam pelaksanaan pekerjaan atau rutinitas nantinya. Berdasarkan beberapa sebuah tema, ini merupakan bagian dari yang menjadi sebuah tujuan outbound perusahaan itu sendiri.  Agar mendapatkan sebuah tema outbound karyawan yang sesuai dengan tujuan, dikondisikan dengan beberapa hal yang berhubungan dengan situasi yang berlangsung di perusahaan. Setiap perusahaan tentunya mempunyai kondisi karyawan yang berbeda-beda. Banyak faktor yang terlebih dahulu kita bisa pelajari sebelum melangkah menentukan sebuah tema.  Hal lainya adalah anggaran dari acara outbound yang akan digunakan. Besar kecilnya agaran biaya juga akan menentukan kegiatan untuk karyawan yang diharapkan agar berguna dan mendapat timbal balik atau feed back yang diharapkan.

Contoh Tema Acara Outbound Karyawan Perusahaan dan Cara Menentukanya

Dari beberapa contoh tema acara outbound di bawah ini tentunya tidak mutlak sesuai bagi sebuah perusahaan. Karena mengingat seperti yang disampaikan diatas perlu adanya sesuatu untuk menentukan tema tersebut.

Langkah Awal Mentukan Tema Outbound Karyawan

  • Usia peserta outbound yang direncanakan adalah faktor terpenting untuk menyesuaikan permaianan-permainan dan kombinasi program lainya. Maka dari itu pendataan ini harus dilakukan.
  • Selain usia, jumlah peserta outbound berdasarkan jenis kelamin juga tidak boleh dianggap remeh. Hal ini akan berhubungan untuk menentukan jumlah kamar peserta jika outbound karyawan perusahaan akan diselenggarakan dengan memilih paket outbound yang dengan pilihan bermalam.
  • Perlu diketahui beberapa permasalahan yang sering ditemukan dalam kegiatan sehari-hari pada organisasi perusahaan. Biasanya hal ini berbeda-beda antara suatu perusahaan dengan perusahaan lainya. Untuk meniktik beratkan penyadaran kembali nilai-nilai penting dalam sebuah organisasi, analogi sebuah permaianan outbound dapat dikordinasikan dengan provider outbound tersebut agar bisa mengena terhadap permasalahan tersebut.
  • Permaianan-permaianan outbound dapat difokuskan kepada sebuah analogi, pertimbangkan dengan baik apakah akan difocuskan kepada sebuah analogi Leadership, Teamwork, Decision Maker dan aneka permaianan team building lainya.

Tema Outbound Perusahaan Disesuaikan Dengan Anggaran Biaya

  • Tidak selalu dengan anggaran yang besar akan menjamin sebuah kesuksesan sebuah acara, dengan beberapa pertimbangan yang tepat, dan memikirkan hal-hal penting yang berhubungan dengan acara jauh lebih bisa menyukseskan sebuah acara.
  • Dalam sebuah perusahaan yang mempunyai struktur organisasi yang besar dan mempunyai beberapa divisi adalah peluang untuk bisa menekan biaya agar harga per orang dalam paket outbound yang akan dipilih. Tema outbound dapat dikombinasikan agar sesuai divisi satu dengan divisi lainya.
  • Bila sebuah perusahaan dengan struktur organisasi lebih kecil, untuk dapat menyesuaikan anggaran biaya, tema outbound bisa dirancang dengan rancangan bergabung bersama perusahaan lain yang menjadi partner dalam sebuah perjalanan bisnis. Jika dua perusahaan yang tergabung dalam sebuah acara, akan bertampak positif juga sebagai hubungan sebuah partnership

Contoh Tema Acara Outbound Untuk Karyawan Perusahaan Dirancang Dalam Beberapa Divisi atau Bergabung Dengan Perusahaan Lain Dalam Sebuah Partnership

Contoh Tema Acara Outbound Kantor Karyawan Perusahaan 21062016

” Grow Up Together “

Fun Team Building Game – Worst Case Scenario

Kegiatan

Keterangan

ICE BREAKING   6 games dan bahkan bisa lebih melihat situasi peserta:

  1. Executive Gym

Gerakan tangan  dan kaki  sebagai pemanasan yang di pimpin oleh fasilitator

  1. Berhitung

Peserta diajak untuk berhitung bergiliran dari peserta pertama dan seturusnya, diminta pada setiap kelipan tiga peserta harus mengucapkan misalnya “ Crot” atau yang lainnya, bukan mengucapkan angkanya.

  1. Menari di Menara

Peserta diajak bernyanyi, dimana gerakan tangan fasilitator harus diikuti oleh nyanyian yang dinyanyikan oleh peserta

  1. Menangkap Monyet

Dalam posisi peserta membentuk lingkaran, peserta diminta untuk membuka dan mengangkat telapak tangan kiri masing masing peserta dan tangan kanan mengacungkan telunjuknya ke masing masing peserta di sebelahnya. Kemudian fasilitator akan mengacak menyebutkan nama-nama binatang, dan jika fasilitaor menyebutkan “Monyet”, makan telapak tangan harus cepat menangkap telunjuk telapak tangan peserta di sebelahnya. Dan bagi peserta yang tertangkap oleh peserta lainnya, dinyatakan sebagai peran monyet

  1. Samuraiman
    Perserta dibagi menjadi dua bagian, dimana fasilitator akan mengacak peserta komando musuh di depan dan di belakang
  2. Kerang dan Mutiara

Fasilitator akan memberi aba-aba, dimana ketika diperintahakan 2 mutiara dan 3 kerang, maka peserta harus mecari teman sebanyak 5 orang, dimana 2 jongkok berperan sebagai mutiara dan 3 peserta lainya berdiri bergandengan tangan sebagai  kerang. Dan selanjutanya peserta akan di perintahkan lagi untuk posisi kerang dan mutiara dengan konfigurasi yang berbeda

Note: Permaianan ini digunakan untuk pembagian kelompok.

Permainan ini bertujuan untuk menyatukan visi tentang team work dan memecah kekakuan birokrasi yang ada diantara peserta, serta membuat suasan lebih santai, dan perlahan-lahan akan bisa lebih berkonsentrasi ke permainan Team Building berikutnya

 

 

 

 

 

 

 TEAM BUILDING GAMES. Worst Case Scenario (WCS):

Pemainan ini mengambarkan sebuah metafora kemungkinan terburuk dari perubahan situasi dan kondisi, yang dapat kita hadapi dalam kehidupan. Peserta dikondisikan dalam beberapa kelompok, masing masing ketua regu akan dipanggil bergantian untuk memilih peralatan yang disediakan. Tiap kelompok hanya diperkenankan memilih 8 jenis peralatan dari 12 yang disediakan. Peralatan yang dipilih tidak dapat ditukar kembali (salah memilih peralatan maka permainan akan sangat sulit dilakukan). Setiap regu harus menyelesaikan seluruh permainan yang diberikandibawah ini

 

Permainan ini terdiri dari beberapa games (5 games)

  1. Filling The Glass

Mengisi Air dari gelas satu ke gelas lainnya.

  1. Change Ping-pong

Memindahkan bola pingpong dari mangkok satu ke mangkok lainya

  1. Take The Ball Out

Mengeluarkan bola dari dalam sebuah lingkaran

  1. Candle Light

Menghidupkan Lilin dari luar sebuah lingkaran

  1. Water Balloon

Mentransfer air menuju gelas yang ada pada  lingkaran dengan ballon

Beberapa tujuan dari games ini adalah agar ketua team atau kelompok dari masing-masing peserta mampu memberikan pengarahan kepada anggota kelompoknya tentang permainan yang akan diikuti (leadership), paham tentang bagaimana bekejasama dalam penyelesaian  sebuah pekerjaan(Team Work),paham tentang beberapa prinsip dan keputusan dalam menyelesaikan sebuah misi dan target(Decision Maker), dan timbul rasa persaingan dari apa yang dikerjakan oleh masing-masing kelompok sehingga timbul motivasi untuk melakukan yang lebih baik dari yang lainya (Motivation), dimana dalam perjalannya perserta harus siap terhadap perubahan dan kemungkinan terburuk yang akan dilalui.

 

 

 

TEAM PROJECT

  1. Flag Pole

Masing kelompok diminta untuk membuat sebuah tiang bendera dari beberpa batang  kayu dan tali yang sudah disediakan  agar  bisa berdiri setinggi mungkin. Dengan kata kunci adalah kerjasama team. Dan kemudian dilanjutkan lagi untuk semua kelompok bergabung untuk mendirikan tiang bendera setinggi mungkin dengan semua batang rotang yang sudah digunakan untuk mendirikan tiang bendara pada masing-masing kelompok tadi.

Peserta diajak untuk berkolaborasi dengan team atau kelompok lain dalam sebuah permainan, setelah sebelumnya diisi dengan persaingan antar team  atau kelompok itu sendiri, akan tetapi final project atau team project peserta akan menyelesaikan permainan dalam kerjasama kelompok dengan kelompok sesuai dengan fungsionalnya masing-masing.
DE – BRIEF & CLOSING Membahas value dari seluruh kegiatan.

 

Contoh Tema Acara Outbound diatas dapat dikombinasi dengan berbagai wisata adventure sesuai keinginan dari yang akan dipilih. Dan lokasi atau tempat dimana akan diselenggarakan. Beberapa pihanya adalah di Ubud, Bedugul, Kintamani, Pantai Kuta, Desa Penglipuran dan lain-lain.

Message:

0