Armada Adventure

Tujuan Outbound Training Program

Tujuan Outbound Training Program adalah salah satu dari usaha peningkatan Sumber Daya Manusia sebuah perusahaan atau organisasi yang diselenggarakan di alam terbuka. Adventure adalah salah satu dari sentuhan dan kombinasi dari outbound training, sebab petualangan merupakan salah satu metode untuk peningkatan diri menuju kedewasaan. Dimana dalam perjalanannya, outbound dan adventure akan terkandung pada sebuah konsep Experiential Learning (Pembelajaran dari pengalaman yang dilalui). Dalam program yang diikuti oleh peserta outbound dikemas dengan berbagai permainan dengan durasi dan lokasi yang menjadi pilihan. Untuk pilihan lokasi di Indonesia yang telah berkembang untuk outbound training diantaranya adalah Bandung, Bogor, Yogyakarta, Bali, Lombok dan beberapa tujuan wisata di Indonesia lainnya. Sepintas jika seseorang melihat acara training program yang seperti ini, ketika berlibur di sebuah kawasan wisata, mungkin akan menilai hanya sekedar bermain-main seperti layaknya lomba 17 Agustus yang diselenggarakan seluruh Rakyat Indonesia sebagai hari peringatan kemerdekaan. Atau mungkin yang ketika melihat outbound program yang mengunakan metode Hight Rope akan dinilai untuk sekedar uji nyali. Sebetulnya jauh dari semua pandangan tersebut, outbound lebih cenderung mempunyai tujuan yang lebih bermanfaat untuk peningkatan sumber daya manusia kepada peserta penyelengara program dimaksud.

Tujuan Outbound Training Mengunakan Game Sebagai Media

Digunakanya game atau permaianan-permainan sebagai media pencapaian sebuah outbound program bermaksud agar training menjadi menarik dan tidak menegangkan. Beberapa pertimbangan lainya adalah seperti yang telah disinggung diatas, bahwa experiential learning menjadi dasar untuk penyadaran diri peserta. Dalam permainan yang dikembangkan oleh provider outbound biasanya telah terkandung beberapa tujuan menejemen, seperti kerjasama tim, kepemimpinan, pemecahan masalah, kreativitas, dan berani mengambil sebuah keputusan dalam sebuah permasalahan. Teori beberapa hal ersebut sudah sangat banyak terdapat pada berbagai media pelatihan atau training lainya. Maka dari itu untuk mayakinkan dan menyadarkan peserta tentang beberapa hal tersebut dikemaslah dalam sebuah permainan. Sehingga tidak hanya menjelaskan teori, namun mempraktekanya langsung dalam sebuah analogi yang dikemas pada beberapa permainan.

Outbound Secara Garis Besar Dapat Dibagi Menjadi Beberapa Tahapan.

Pembagian tahapan ini bertujuan agar terarahnya dengan baik dari sesi awal hingga ke sesi berikutnya, sehingga teratur dan dapat perlahan-lahan mencapai tujuan dari yang diharapkan.

Tahapan Yang Paling Pertama Adalah Outbound Ice Breaking

Ini merupakan tahapan yang paling penting pada sebuah program outbound. Sebab pada tahapan ini Game Master atau instruktur akan membuat seluruh peserta menjadi tertarik dan menuju kepada pelepasan diri terhadap suasana kantor, birokrasi, serta masalah-masalah lainya agar bisa tertuju untuk permainan outbound selanjutnya. Beberapa Ice Breaking Game akan menjadikan peserta terlupakan dengan kepenatan dan kejenuhan, serta masalah-masalah dalam lingkungan pekerjaaanya. Ini berarti layaknya papan tulis yang telah terisi penuh tulisan dan coretan, akan dibersihkan terlebih dahulu, kemudian akan diisi kembali tulisan baru yang sesuai dengan tujuan outbound. Masih pada posisi group besar, dimana peserta pada Ice Breaking ini belum dibagi kelompok, akan tetapi sesi terakhir pada ice breaking, perserta akan dibentuk menjadi beberapa kelompok. Untuk pembagian kelompok, dapat dibagi langsung oleh Game Master atau dengan maksud dan tujuan lain, panitia outbound telah membaginya dari sebelum acara diselenggarakan.

Outbound Team Building Sebagai Tahapan Kedua

Setelah terbentuknya beberapa kelompok, permainan akan dilanjutkan akan dipandu oleh Game Master . Sesuai dengan metodenya, Game Master dan beberapa fasilitator lainya hanya sebatas fasilitator. Segala keputusan dan penyelesaian game yang diikuti peserta dikembalikan untuk diselesaikan dengan inisiatif oleh peserta itu sendiri. Peserta akan berkompetisi secara sehat antara regu satu dengan regu atau kelompok lainya. Saling menunjukan yang terbaik dan tercepat.

Team Project Game Untuk Menyatukan Visi Dan Misi.

Pada tahapan ini, seluruh peserta outbound training yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok pada sesi team building, dimana peserta berkompetisi menjadi yang terbaik dari kelompok lainya, namun pada Team Project Game peserta akan diminta menyelesaiakn game dengan kekutan seluruh peserta, baik individual maupun kelompok. Jadi kompetisi antara kelompok sudah tidak diperlukan lagi untuk menyelesaikan Team Project Game. Sebab Visi dan Misi pada sebuah organisasi tidak bisa dicapai oleh beberapa orang dan kelompok saja. Visi dan Misi sebuah organisasi akan tercapai dengan kekuatan semua orang dan kelompok yang menyatu pada organisasi tersebut.

The Brief Sebagai Penutup Outbound Program

Setelah bermain, tertawa dan berjuang untuk menjadi terbaik, pada sesi ini akan ada sebuah diskusi dimana memaknai dan penyadaran diri dari apa yang telah diikuti dan dialami padi sesi pertama hingga terakhir. Seluruh peserta outbound diberikan kesempatan untuk berpendapat dan berkomentar yang dipimpin oleh Game Master.

 

Message:

0